Penelitian: Pria Menikah Lebih Butuh Dukungan Emosional Pasangan daripada Wanita

Menurut hasil penelitian, pria yang sudah menikah lebih membutuhkan dukungan emosional dari pasangannya daripada wanita yang sudah menikah. Hal ini dibuktikan lewat sebuah penelitian yang dilakukan di Australia.

Sebuah penelitian yang diketuai Dr. Michael Flood di Australian Institute menemukan bahwa ketika menikah atau menjalin hubungan cinta, pria lebih membutuhkan dukungan emosional dari perempuan yang dicintainya dibandingkan perempuan dari pria yang dicintainya.

Dengan kata lain, penelitian yang melibatkan 19.914 orang dengan rentang usia 25-44 tahun dalam makalah Mapping Loneliness in Australia ini menyebutkan bahwa secara mental pria lebih butuh dukungan daripada perempuan.

Perempuan Lebih Terbiasa Masalah Batin
Ada beberapa alasan yang mendasari hal ini. Karena perempuan secara alami terlahir sebagai makhluk yang emosional atau lebih sering melibatkan perasaan, mereka lebih mampu mengatasi masalah batinnya sendiri dibandingkan pria yang mudah down atau terpuruk ketika mengalami masalah yang berhubungan dengan perasaan dan menekan mentalnya.

Perempuan Punya Dukungan Sosial Lebih Banyak
Alasan kedua, perempuan biasanya pula lebih banyak social support yang mendukungnya menghadapi masalah, seperti saudara, teman-teman dekat atau sahabat. Berbeda dengan pria yang lebih jarang menceritakan masalah pribadinya pada sesama pria. Itulah mengapa ketika menikah dan jatuh cinta, pria akan lebih bergantung secara emosional pada istrinya.